Breaking News
Loading...
Senin, 12 Maret 2012

Khasiat Cacing Tanah

11:15:00 AM
Asssalamu'alaikum w.wb
halo, gue akan berbagi sebuah tips/ solusi/ obat alternatif alami dari penyakit TIFUS, DIARE,& DEMAM .
ya, karena sekarang ini banyak orang yang mengalami penyakit ini. Mungkin banyak orang yang jika mengalami penyait ini langsung go to hospital. Tapi tak ada salahnya jika kita mencoba obat ini terlebih dahulu, karena di samping murah (bahkan tidak memerlukan biaya), cara ini pun sudah dianggap "jos" oleh masyarakat luas.


Langsung saja pada inti pembicaraan, apa obat alami dari penyakit tersebut?
Jawabannya adalah CACING TANAH. awwww, cacing tanah? gak salah nih?
tentu tidak. Mungkin bagi orang yang baru mendengar hal ini akan jijih mendengarnya, tapi kalau udah kepepet mau apa lagi? iya ngga?
Dari penelusuran para ahli medis, ternyata cacing tanah memiliki banyak khasiat. Di RRC, Korea, Vietnam, dan banyak tempat lain di Asia Tenggara, cacing tahah terutama dari jenis Lumbricus spp, bisa digunakan sebagai obat sejak ribuan tahun yang lalu. Cacing tanah telah dicantumkan dalam "Ben Cao Gang Mu", buku bahan obat standar (farmakope) pengobatan tradisional China. Di China, cacing tanah akrab disebut 'naga tanah'. Nama pasaran cacing tanah kering di kalangan pedagang obat-obatan tradisional China adalah ti lung kam.
Secara empiris, nenek atau ibu kita tanpa kita tahu mungkin memberikan 'jamu cacing' saat kita tifus, demam atau diare. Dan ternyata penyakit kita ... sembuh!! Hasil penelitian terhadao cacing tanah menyebutkan bahwa senyawa aktifnya mampu melumpuhkan bakteri patogen, khususnya Eschericia coli penyebab diare. Bisik-bisik pengalaman nyata lain juga santer menyebutkan cacing bermanfaat untuk menyembuhkan rematik, batu ginjal, dan cacar air.
Di beberapa negara Asia dan Afrika, cacing tanah yang telah dibersihkan dan dibelah kemudian dijemur hingga kering, lazim dijadikan makanan obat (healing foods). Biasanya disangrai atau digoreng kering, disantap sebagai keripik cacing. Diduga kebiasaan menyantap cacing ini dapat membantu menekan angka kematian akibat diare di negara-negara miskin Asia-Afrika.

Dalam dunia moderen sekarang ini, senyawa aktif cacing tanah digunakan sebagai bahan obat. Bahkan, tak sedikit produk kosmetik yang memanfaatkan bahan aktif tersebut sebagai substrat pelembut kulit, pelembab wajah, dan antiinfeksi. Sebagai produk herbal, telah banyak merek tonikum yang menggunakan ekstrak cacing tanah sebagai campuran bahan aktif.

Jadi, jelaslah teman taman kalau cacing tanah memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan yang tentunya tak lepas dari kebesaran Allah swt. Jangan lupa untuk juga memohon Do'a kepadaNya.

Okey, sekian.. Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum wr.wb

0 comments:

Posting Komentar

Leave your comment here! But, please don't create spam. Thanks :)

 
Toggle Footer