Breaking News
Loading...
Jumat, 16 November 2012

Install Wine di Ubuntu dan Linux Mint

1:13:00 AM
Assalamu'alaikum wr.wb
^Suasana malam penuh kesunyuian, di tengah perbukitan ini aku bersandar.
Dengan alunan lagu Iridescent ini aku bangkit.^
xixixi :D #plok

Wine merupakan suatu program istimewa milik linux yang digunakan untuk menjalankan program-program milik windows, baik itu game, ataupun yang lainnya. Dari file .exe ataupun yang lain.
Program dengan logo gelas berisi air anggur ini secara default belum ada dalam Linux, untuk mendapatkannya kita perlu menginstalnya terlebih dahulu.

Dalam tutorial kali ini, saya masih menggunakan Linux Mint 13 "maya" desktop KDE. Namun, hal serupa juga dapat dijalankan di Ubuntu karena Mint juga merupakan turunan ubuntu.

Berikut merupakan cara mendapatkan service dari program spesial linux via terminal.

1. Update system dengan mengetikkan:
$sudo apt-get update
2. Install Wine dengan perintah:
$sudo apt-get install wine
3. Maksimalkan paket dengan perintah:
$sudo apt-get -f install
Jika telah berhasil dengan ketiga langkah di atas, maka menurut pandangan saya wine telah berhasil diinstall.

(wine telah berhasil diinstall dan masuk ke kategori applications)




4. Nikmati Wine, bukalah program windows dengan wine. Seperti saya menjalankan game airstrike ini.


Ada pertanyaan? masukkan? kritik? saran? Silakan berkomentar.
Sekian dulu ya, aku udah ngantuk nih :D
Good Night......
Wassalamu'alaikum wr.wb

  • Install wine di Ubuntu
  • Install wine di Linux Mint
  • Tentang Wine
  • Install wine via terminal

8 comments:

  1. Informasi kamu sungguh jozzz

    sampe nyrocos,,

    heheheh

    BalasHapus
  2. Maksih mas...tentunya bukan untuk pake yang bajakan... :) OZ

    BalasHapus
  3. tipsnya bagus om..
    kalo maen game yang ada patchnya gmn om ? (misal : angry birds)
    kalo maen game berat bisa juga gk om ? (misal : pes 2013, cod black ops, crysis, dan kawan kawan)
    bisa gk om ?
    mohon bantuan
    biar saya gk nyesel ntar instal linux

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru dibales.
      gini mas, tidak semua aplikasi windows dapat dijalankan dengan wine linux, hanya aplikasi yang support ajah. kalau untuk game seperti PES 2013 dkk masih terlalu berat untuk bisa dijalankan di linux, dalam arti belum bisa.
      untuk game angry birds dicoba sendiri ya mas, soalnya aku belum nyoba, gak punya game nya juga , bukan gamers soale, hehe :)

      Hapus
  4. saya udah coba berulang kali tp hasilnya tetap kyk gini bro, padahal sy sudah Update
    " Err http://archive.ubuntu.com/ubuntu/ trusty/universe ocl-icd-libopencl1 i386 2.1.3-4
    Connection failed [IP: 91.189.92.201 80] "
    ;(

    BalasHapus
  5. wine saya kok ga bisa dibuka

    BalasHapus

Leave your comment here! But, please don't create spam. Thanks :)

 
Toggle Footer