Breaking News
Loading...
Selasa, 01 Oktober 2013

Hal Penting yang Perlu Dilakukan Setelah Install Elementary OS Luna

5:23:00 AM
Assalamu'alaikum wr.wb
Baru-baru ini aku pake OS baru lho, OS yang cantik dan sangat menghibur hati. yap dia adalah Elementary OS Luna. :D
Kali ini, ane akan share hal yang perlu dilakukan setelah install OS cantik ini. Apa ajah? Wis, cekidot langsung bae :D

Install Ubuntu-Restricted-Extras
Hal ini dilakukan agar aplikasi multimedia seperti pemutar musik, pemutar video, dsb dapat digunakan. selain itu, penginstallan ini juga berguna untuk menginstall berbagai font dan flahplayer.
sintaks :
$sudo apt-get update
$sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras

Install LibreOffice
Penginstallan libreoffice dapat dilakukan lewat terminal ataupun lewat software center.

a. Install Via Terminal
hal ini dapat dilakukan dengan cara menambah repository yang ada. orang biasa menyebutnya install via PPA.
sintaks:
$sudo add-apt-repository ppa:libreoffice/libreoffice-4-1
$sudo apt-get update
$sudo apt-get install libreoffice

b. Install Via Software Center
cara ini adalah cara yang ane pakai, karena ane anggap lebih mudah dan lebih cepat :D
langsung saja buka Sofwtare Center dan cari aplikasi LibreOffice (ada di bagian office). dan klik install dan tunggu sampai proses selesai.

Sebenernya setelah sobat selesai mengintall ubuntu-restricted-extras, OS elementary Luna sudah bisa digunakan secara full. muter musik udah bisa, nonton video/pilm pun udah bisa. tinggal menurut ane, aplikasi perkantoran juga penting sob, makanya aku install ajah libreoffice, karena EOS Luna sendiri belum menyediakan aplikasi tersebut.

Jika sobat butuh aplikasi yang lain, buka ajah Software Center :D . Disitu udah banyak sekali aplikasi dari aksesoris, office, game, hingga utility dan system.
Oh iya, aku sarankan juga untuk menginstall GParted Partition Editor sebagai sarana editor partisi. dan System Monitor (kalau di windows semacam task manager). Pentingkah? Penting menurut ane. hal ini untuk antisipasi kejadian/hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, silakan sobat cari dan install aplikasi lain sendiri ya :D . sobat dapat mencari dan menginstallnya lewat Software Center. Berikut adalah daftar aplikasi yang sudah ane install saat nulis postingan ini :D



Ada berapa tuh sob :D masih dikit. ane baru install ubuntu-restricted-extras, libreoffice, virtualbox, GParted partition editor, google chrome, ama Billard-gl (game). xixi

Sekian dulu post ane
Wassalamu'alaikum wr.wb

3 comments:

  1. gan gimana cara nge enable wirelessnya ? soalnya punya ane ke disable otomatis pas nge install ?
    mohon pencerahannya ga

    BalasHapus

Leave your comment here! But, please don't create spam. Thanks :)

 
Toggle Footer