Breaking News
Loading...
Selasa, 01 Oktober 2013

Elementary OS Luna on My Desktop

4:26:00 AM
Assalamu'alaikum wr.wb
Sekian lama menunggu Elementary OS Luna rilis, sekian lama bermimpi untuk bisa menggunakan OS ini secara full, akhirnya bisa terwujud juga :D
yap, proyek OS Linux turunan ubuntu ini emang terbilang panjang. bagaimana tidak? ane ajah tau akan ada OS ini tuh waktu kelas XI semester 1 (semester 3) dan baru bisa menggunakannya baru-baru ini, kelas XII semester 1 (semester 5). berapa tahun sob?
sebenernya versi beta dan RC nya ada sih saat ane di semester 4, tapi aku sengaja menunggu versi full nya ajah lah :D
dan, wala, akhirnya ane bisa menggunakan OS cantik ini.

(scrinsyut dari laptop ane)
Elemenatary OS Luna ini memang cool dan bening banget sob :) . gaya desktop Pantheon yang adopsi OS ini cukup membuat banyak orang terpana dan kagum. meskipun begitu, aplikasi yang tersedia di dalamnya secara default memang masih minim, libreoffice juga belum ada, maklum lah sob, ukuran installernya ajah cuman 694,2 MB (muat di CD-R). saat baru diinstall, jangan kaget kalau beberapa aplikasi seperti music dan movie player belum bisa digunakan, hal ini karena restricted-extras yang belum terinstall.
trus bagaimana cara install restricted-extras tersebut? Sobat dapat membacanya DISINI.

Oke, kembali ke Luna :D . Berikut merupakan beberapa gambar scrinsyut dari desktop ane:

(file explorer)
(terminal)
(Midori Web Browser)
Mungin kalian bertanya tanya, tombol minimize-nya dimana? :D
tenang sob, walaupun di elementary os luna tidak menyediakan minimize button, tetapi action minimize tetap dapat dilakukan, yakni dengan cara menekan klik kanan (right-click) pada bagian atas jendela. misalnya (lihat gambar di atas) saat buka terminal, silakan klik kanan pada atau disamping tulisan srd@w1npack: ~ , atau saat buka midori (kembali liat gambar di atas) klik kanan pada atau disamping tulisan Home | Elementary OS. 

Elementary OS Luna ini memang menjadi OS yang tren saat ini. Bahkan ane sendiri lebih suka pake ini OS daripada bapaknya (ubuntu) :D . Untuk info lengkapnya, silakan lihat langsung di websit resminya http://elementaryos.org/ .

Sekian dari ane tentan OS baru ane :D
Wassalamu'alaikum wr.wb

0 comments:

Posting Komentar

Leave your comment here! But, please don't create spam. Thanks :)

 
Toggle Footer