Breaking News
Loading...
Minggu, 22 Desember 2013

Ceritaku di Balik Pra Uji Kompetensi dan Uji Kompetensi Siswa SMK JATENG 2013

8:24:00 AM
Mendapat kehormatan untuk mewakili sekolah dan kabupaten untuk mengikuti Pra Uji Kompetensi dan Uji Kompetensi Siswa SMK se Jawa Tengah Tahun 2013 merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi saya. Saya bersama teman saya Erwin Winata, hanya berdua, tanpa guru, tapi dapet sangu, berangkat menuju tempat pelaksanaannya di Kota Semarang menggunakan Shuttle bus pada hari Senin 25 November jam 10 pagi. Saya dan teman saya sampai di kota tujuan sekitar jam tengah 4-an kalau nggak salah. Kami turun di depan Hotel Olympic daerah Jl.Imam Bonjol. Hotel inilah yang menjadi tempat penginapan siswa-siswi se Jawa Tengah yang ikut serta dalam acara tersebut. Awalnya saya cukup kaget, banyak juga ya yang mengikuti ini, eh ternyata anu terdiri dari 4 jurusan, yakni 40 dari TKJ (dibagi jadi 2 kelas), 40 Akuntansi (dibagi jadi 2 kelas juga), 20 Listrik, dan 20 TSM (Teknik Sepeda Motor), oh ya memper mbatinku.

Mendapat Kamar hotel no.127 awalnya cukup mengagetkan dan mandan kecewa, lho iya, awal saya dan teman saya masuk ternyata sudah dihuni oleh 2 orang gagah perkasa (alias gering gering kabeh) dari Pemalang, mereka sebut saja Jordan dan Vidra dari SMK N 1 Pemalang, mereka jurusannya sama dengan saya, TKJ. Berempat awalnya sih lah ora papa, tetapi beberapa saat kemudian muncul 2 sosok makhluk lagi dari jurusan TSM yang berasal dari Purbalingga, SMK Widya Manggala Purbalingga, mereka sebut saja Saiful dan Lutfi. Mbatinku, wah 1 kamar koh 6 orang, apa ora ana kamar maning enggane, tapi ya mandan maklum juga sih, kamare gede :v , lihat skrinsyut berikut:




Awalnya saya sedikit malu malu mau ngobrol sama mereka berempat, tapi kemudian saya memberanikan diri.Hingga akhirnya kami berenam menjadi akrab satu sama lain. wah jos banget, ana bocah ngapak juga mbatinku. Purbalingga kan ngapak kan? iya kan? ngaku bae :p , ya pada lah kebumen juga ngapak. Hidup ngapak :D

Hari Pertama di BP Dikjur Semarang (Tempat dilaksanakannya DIKLAT atau Pra Uji Kompetensi).
Hari Pertama DIKLAT dilaksanakan pada Hari Selasa 26 November, tet apel pagi, pengarahan (biasa) lalu kemudian kami (40 siswa) menuju ke bengkel TKJ yang berada di paling Utara dekat Rel KA. Saya ditempatkan di kelas TKJ2 dan teman saya si Erwin di TKJ1. Saat kumpul saya bertemu teman LKS provinsi dulu, seperti Catur dari Batang, Oki dari Pati, Sang juara 3 yaitu Abdus dari Salatiga, dan Sang Runner Up yaitu Aji dari Bawang Banjarnegara. Wah, akhirnya ketemu lagi, horee.

Saya 1 kelas bersama dengan Abdus, sementara Aji, Catur, Oki di kelas TKJ1. Dengan langkah yang tegap layaknya sang jenderal yang maju di medan perang, saya memasuki ruangan TKJ2. saya mengambil tempat duduk persis depan pintu, biar gampang kalau mau keluar, hehe..

Setelah sedikit pengarahan di dalam kelas oleh Pak Sardjono di dalam kelas, beberapa saat kemudian muncullah seorang Pengajar yang akan memeberikan materi kepada kami, dia adalah Pak Elkaf, lho bentar, Elkaf kan yang nulis modul pembelajaran itu kan? wah senengnnya ketemu penulis modul :D
Pembelajaran pun dimulai.................................................................dan jam 17 pulang ke hotel :D
Malamnya tak ada kegiatan berarti, saya sendiri hanya nongkorng di cafe hotel sampai jam 10 malam, lalu tidur.. zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

Hari Kedua di BP Dikjur (27 November 2013)
hem, hari terakhir DIKLAT nih, harus dimanfaatkan karena besoknya ujian teori.......................................jam 17 pulang, eh ada bule tuh mau ambil foto foto, wah ya wes rpp, ....................................17.30 pulang ke hotel :3
Malamnya, saya dan erwin pergi ka cafe untuk hotspotan mencari materi. Sambil ditemani secangkir kopi capucinno panas, saya dan erwin mencari materi seperti OSI Layer dan sebagainya, entah kenapa, fesbuk pasti ON kalau aku lagi online :D . Setelah capai, dan jam sudah menunjukkan jam 23 yang artinya cafe juga mau tutup, saya dan erwin bergegas menuju ke kamar, wis ngantuk, mata juga sudah berat. Dengan langkah yang sedikit sengkoyongan, akhirnya saya sampai juga di kamar. Di kamar ternyata teman-teman belum pada tidur kecuali so Jordan yang sudah membuat peta dunia di kasur :D
Saya mengusir Jordan karena saya mau tidur disitu, di bawah, jordan diatas ajah :v
Kekonyolan pun dimulai setelah saya menutup mata, kantannya sih saya nglindur, sambil duduk sebentar dan menunjuk AC suruh matiin tuh AC trus tidur lagi, katanya suaraku gak jelas, semua teman-temanku tertawa terbahak bahak katanya, sampai saya melek tiba-tiba Saiful terjatuh dari kasurnya, spontan saya pun ikut tertawa, hari yang seharunsnya tidur jam 23 malah jadi jam 24 alias jam 12 malam. zzzzzzzzzzzzzz

Hari Pertama Uji Kompetensi (Teori, Kamis 28 November 2013)
Hari pertama Teori dimulai jam 10, sebelum itu (jam 7 sampai 9.59) kami disuruh belajar terlebih dahulu. Saat Belajar, saya menemukan cara yang lebih mudah dalam menghitung VLSM dan Jumlah Host serta Network dalam subnetting, cara itu dapat dilihat DISINI dan DISINI.
jam 10, ujian pun dimulai, sebelum itu, kami disuruh mengisi berbagai lembar assesment, huhm..hingga akhirnya Ujian atau yang lebih keren disebut Assessment. Saya cermati soal dengan cermat dan hati-hati, dan tenyata, huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa..............soalnya tak terduga, lebih mudah dibanding yang aku bayangkan, alhamdulillah :D , tapi ngomong-ngomong saya dan erwin rela-relain belajar sampai malam dan capai hingga katanya erwin kehabisan banyak kuota, eh malah yang dipelajari nggak keluar blas plotas :3 , gpp lah buat tambah-tambah ilmu mbatinku.
sekitar jam berapa ya? aku lupa, pokoknya masih siang, Assessment teori pun selesai. Kami kembali mendapat pengarahan dan disuruh mengisi kembali berkas-berkas untuk persiapan sertifikasi uji kompetensi. Selain itu, kami juga mendapat kabar kalau Acara ini akan selesai hari Jumat dan pada jumat pagi semua siswa diharapkan check out dari hotel sambil membawa semua barang bawaannya ke BP Dikjur. hemm, ya trima lah, gpp, wis kepengin balik aku.
hingga akhirnya kami pulang gasik dari biasanya :D...............................................................Ssssssstt
Sesampainya dihotel, Saya, Erwin, Jordan, dan Vidra dipaksa menunggu sampai kamar 127 dibuka, hal ini karena kunci kamar dibawa oleh Lutfi, teman yang dari TSM, ternyata TSM selesai agak akhir, setelah hampit setengah jam menunggu, akhirnya Lutfi ndongol juga, dan layaknya sparta kami berempat yang sudah nunggu lama memasuki ruang kamar dengan bergairah, lalu makan bersama dengan santapan nasi kotak dair BP Dikjur, maaf lapar bung..

Nasi Kotak kebanggaan :p :D
Seperti biasa, setelah itu mandi, lalu sholat maghrib, kebetulan di hotel ada mushola walaupun kecil. Setelah itu, teman-teman saya termasuk saya dan erwin sibuk mencari kendaraan untuk pulang ke daerah masing-masing. Jordan, Vidra, Lutfi, Saiful, dan teman saya yang lain Azka dan Hadi serta Saya dan Erwin pergi keluar hotel, kami ke stasiun Semarang Poncol yang kebetulan tak jauh dari hotel, hanya beberapa ratus meter tok. Sesampainya di stasuin, aku sempet nanya ke petugas, apa ada kereta yang ke kebumen, alias lewat jalur selatan? haha, konyol juga, ya pasti nggak ada lah. Semarang Poncol kan ada di Jalur Utara :3
Akhirnya yang mendapat tiket adalah Azka, Hadi dari Tegal dan Vidra dengan Jordan dari Pemalang, tak lupa si Esti dari Tegal. Sementara Saya, Erwin (Gombong-Kebumen) dan Saiful, Lutfi (Purbalingga) mulai bingung mau cari kendaraan apa? Boda amat ah, besok juga dapet pasti, mbatinku. Setelah dari stasiun, saya menghubungi teman saya, Retno. Dia anak SMK N 1 Karanganyar kebumen, tetanggaan lah sama gombong. Niatnya pulang bareng berempat (saya erwin retno dan kufita teman retno).
Oke, kembali ke hotel, saya sholat 'isya dulu, setelah itu Saya, Erwin, Vidra, Jordan, Saiful, dan Lutfi pergi lagi keluar, kami pergi ke Tugu Muda dan Niatnya sih ke Lawang Sewu, Eh malah Lawang Sewu-nya sudah tutup :D . Banyak hal konyol yang terjadi di malam itu, berikut adalah sedikit foto-fotonya:

Bye, oops
sial nih bocah :D
Gue-Saiful-Erwin-Jordan-Lutfi
problem :p
Gue -Saiful
erwin
Dari paling Kiri: Vidra-Saiful-Jordan-Erwin-Lutfi
Gue :p
Lawang Sewu
haha, hanya bisa nonton dari luar pagar
Gpp, yang penting cizzzzz


cizzzzzzzz
Lutfi (Jaket kuning), Saiful ngapain tuh :D
ups, :D 
Saiful, Erwin, dan Lutfi bersama 2 pengamen jalanan
Erwin dengan Bocah Penjual Koran

Hari Kedua Assessment (Ujian Praktek, Jumat, 29 November 2013)
Ujian Praktek yang dilaksanakan adalah mengerjakan job tentang cisco packet tracer routing statis, bagi saya itu gampang :D (gak sombong tapi emang bener gampang :D) ... praktek selama 2 jam dan diawasi oleh para Asesor. Dan setelah pukul 10, ujianpun selesai dan waktunya Rekomendasi dan Umpan Balik. Dag Dig Dug terus bergemuruh di dada saya, lulus apa engga ya? Setelah beberapa saat, akhirnya saya dipanggil dan alhamdulillah saya lulus dan mendapat rekomendasi "assessment lanjut". :)
Setelah itu, dengan rasa senang penuh syukur, saya ke masjid BP Dikjur untuk sholat Jumat.
Setelah Sholat Jumat, saya dan Erwin memesan Shuttle Sumber Alam via telepon. Kami memesan 4 tiket, yaitu untuk Saya, Erwin, Retno dan Kufita. Kebetulan teman Saya, Afif (SMK Taman Madya Kebumen), juga pulang bareng kami 1 Shuttle cuman dia pesen sendiri juga lewat telepon.

Berikut beberapa foto (ngga semuanya ya) selama saya di BP Dikjur Semarang:

TKJ2
TKJ2
TKJ2
TKJ2
TKJ2
TKJ2
Dan sesaat sebelum pulang, saya dan teman-teman saya sempet foto-foto untuk terakhir kalinya :

Ruang tempat kami (TKJ1 dan TKJ2) mengambil snack dan makan





Dan Setelah foto itu, Saya Bersama Erwin, Retno, Kufita, dan Afif (anak Taman Madya jurusan Listrik) pulang bersama ke kabupaten tercinta, Kebumen.

Saya secara pribadi mengucapkan Terima Kasih kepada panitia, BP Dikjur, dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang telah memberikan saya pengalaman baru dan pelajaran yang tak ternilai harganya, saya juga berterima kasih atas biaya-biaya yang telah dikeluarkan untuk kami selama kurang lebih seminggu di Semarang :)

Segenap keluarga Pra Uji Kompetensi dan Uji Kompetensi Siswa SMK se Jawa Tengah Tahun 2013, Kalian Luar Biasa. :)

SMK BISA !!

4 comments:

Leave your comment here! But, please don't create spam. Thanks :)

 
Toggle Footer