Breaking News
Loading...
Minggu, 18 Mei 2014

Tour Kalibiru - Jogja Bersama KOMJA 15 | SMK N 1 GOMBONG

6:41:00 AM
Assalamu'alaikum wr.wb
Tour bareng teman-teman satu kelas + guru-guru tertentu itu rasanya luar biasa. Kok bisa? Memang iya kok, tak semua kelas itu bisa loh mengadakan acara tour seperti ini.
KOMJA 15 merupakan Komunitas TKJ A angkatan ke-15 SMK N 1 Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Pada tanggal 11 Mei 2014 kemarin, kami melakukan perjalanan tour ke daerah Kalibiru, Kulonprogo yang kemudian dilanjutkan ke Malioboro, Yogyakarata.

Kalibiru-Kulonprogo
Asal-Usul Tour
Usul akan adanya tour ini pertama kali dicetuskan oleh Intan, Distrina, dan Anjas saat pelajaraan produktif di bengkel TKJ SMK N 1 Gombong, saat itu mereka mengusulkan hal ini kepada saya. ya saya oke dong, karena itu juga termasuk impian saya untuk bisa tour bersama kawan-kawan sekelas, hehe.

Persiapan Tour
Saya bersama koordinator yang lain: Anjas Subagja Laras, Distrina Isnaeni FauziIntan Abas Nur Khairunnisa, dan tak lupa bersama segenap keluarga KOMJA 15, benar-benar mempersiapkan hal ini.

#Mulai Dari Iuran Rp.1000,00 per Hari
Kami segenap keluarga KOMJA 15 memulai iuran Rp.1000,00 setiap harinya. Saat itu, saya menunjuk Distrina sebagai koordinator administrasi atau yang biasa disebut bendahara. Sejak pertengahan bulan November 2013 (kalau ngga salah) iuran-pun dimulai, tetapi ada satu anak yang tidak mau ikut iuran karena dia juga tidak mau ikut, dia siswa cerdas di kelas kami, Imam namanya, alasannya klasik, dia mabokan.

#Pemilihan tempat wisata
Diskusi ini merupakan diskusi terpanjang selama masa persiapan tour. Awalnya kami saling usul, ada yang usul ke Baturaden, Jogja, kebun teh, bahkan sampai ada yang usul camping, waw :D
Awalnya diskusi dilakukan di kelas bersama segenap teman-teman semuanya, tetapi hal itu belum membuahkan hasil. Diskusi kembali dilanjutkan setelah ujian sekolah dan berbagai Try Out UN dilaksanakan di sekolah kami.

Diskusi dilanjutkan setelah pembagian kelas per mata pelajaran (setelah TO UN ke-3)
Sampai suatu saat Anjas memberikan saran ke Kalibiru, Kulonprogo. Saat itu dia post image tempat wisata Kalibiru. Saat itu respon semua teman-teman baik, mereka langsung setuju untuk tour ke Kalibiru, Kulonprogo.

#Pemilihan Tanggal Keberangkatan
Diskusi ini termasuk singkat, karena dilakukan kurang dari 2 jam, dan kami mendapat 2 tanggal, yakni 4 Mei atau 11 Mei, kumpul pukul 05.30 WIB di depan Gor SMK N 1 Gombong, dan berangkat pukul 06.00 WIB.

#Penetapan Tanggal Keberangkatan
Setelah berbagai pertimbangan dalam beberapa hari kemudian, akhrinya 11 Mei menjadi tanggal keberangkatan.

#Pemilihan Bus Pariwisata
Awalnya kami dari pihak koordinator, mengincar bus yang berukuran 3/4, karena kami berpikir "lah wong cuman orang 32 ajah kok". Saat itu, saya sempat usul untuk booking Bus Selera Massa berukuran 3/4. Distrina yang juga merupakan orang Gombong dan dekat dengan pasar wonokriyo, dan dekat dengan P.O-nya, saya perintahkan untuk booking bus-nya. Ternyata, dia booking bus Selera Massa ukuran 60 kursi, saya sempat kaget, karena mengingat keuangan saja kurang bagus dan yang mau ikut juga tidak sebanyak itu, kok booking bus berukuran segitu gede-nya? Harga booking bus-nya adalah Rp.2.200.000,00. Setelah mendapat penjelasan dari Distrina, ternyata bus berukuran 3/4 itu cuma berisi 30 kursi, toh juga belum bayar, baru booking. "oh ya wis lah rapopo", kata saya.

Sampai suatu saat Pak Agus Julianto, yang juga wali kelas kami saat masih kelas X, memberitahukan bahwa efisiensi seharga 2 juta-an. Saat itu, saya, Rivan Kevinno dan teman-teman koordinator yakni Distrina Isnaeni Fauzi, Anjas Subagja Laras, Intan Abas Nur Khairunnisa, sempat diskusi masalah bus ini, dan setelah beberapa saat diskusi, kami langsung menuju P.O Sumber Alam yang ada di daerah Kutowinangun, Kebumen. (ya ngga langsung berangkat sih, jumatan dulu keles) :v
Sesampainya di P.O, Saya dan Distrina langsung menuju ke tempat pemesanan bus, saat itu kami ditawari mau bus berukuran 50 kursi atau 60 kursi? saya spontan langsung jawab 50 kursi. Kemudian saya tanya, "Berapa harganya pak?", "Rp.2.400.000,00", jawab pihak P.O-nya. saya sempat bertanya "Apa ada yang harganya kurang dari ini?" katanya, "Tidak ada". Saat itu, Saya dan Distrina sempat bingung, karena harganya 200rb lebih mahal dari booking-an  yang pertama. Namun, kami tetap booking bus ini juga, "ya sudah kami booking 1 bus dulu ya pak, tapi ini belum tentu karena belum fix, nanti kami konfirmasi kalau jadi dan akan segera melakukan pembayaran", kata saya kepada pihak P.O, pihak P.O-pun meng-iya-kannya, kamipun diberi nomor ponsel dari pihak P.O efisiensi tadi.
Saya dan Distrina keluar dan menghampiri teman-teman yang lain, kata mereka tidak apa apa booking bus ini ajah, toh harganya tidak mahal-mahal amat dibanding dengan pelayanan dan kenyamanan yang didapat saat naik bus ini, nanti koordinator iuran lagi deh buat ini, 30rb atau berapa, yang penting teman-teman akan nyaman nantinnya. Dan Akhirnya kami setuju untuk beralih ke bus efisiensi ini, mengingat harganya yang tidak terlalu mahal dan berbanding lurus dengan kenyamanan yang akan didapat.
Selang beberapa hari, akhirnya Saya dan Distrina mengkonfirmasi hal ini kepada P.O Efisiensi, dan 1 minggu sebelum tour, yakni tanggal 4 Mei 2014, Saya dan Anjas melakukan pembayaran ke P.O Efisiensi.

#Mengajak Guru-guru
Hari Jumat sebelum kami ke P.O Efisiensi, kami sempat mengajak guru-guru untuk ikut tour, mereka adalah Pak Agus Julianto (wali kelas saat kelas X), Bu Suryani (wali kelas saat kelas XI), Pak Tedy (wali kelas saat ini, kelas XII), Bu Muti, Bu Rakiyah, Bu Dyah, Pak Sulhan (guru-guru BP), dan Pak Fariz (guru TKJ terpilih kami), serta Pak Basikun serta istri (kepala sekolah yang sekaligus orang tua-nya Intan Abas Nur Khairunnisa) ingin ikut, ya saya sangat memperbolehkannya.
Namun, tidak semua guru ikut saat tour karena berbagai alasan, praktis yang ikut hanya Pak Agus, Pak Tedy, Bu Rakiyah, Pak Sulhan, dan Pak Basikun beserta istrinya.

#Membujuk Teman
Ada beberapa teman kami yang sulit untuk diajak ikut, seperti Imam, Kiki, dan Iqbal. Alasan Imam adalah dia mabokan, saya sudah konfirmasi hal ini kepada kakaknya seminggu sebelum berangkat, tetapi hasilnya nihil, Imam tetap tidak mau ikut. Kemudian Kiki, dia adalah anak yang tidak mau ikut karena berbagai alasan, tidak jelas, dan akhirnya beberapa hari sebelum berangkat tour, dia mengkonfirmasi kalau tidak akan ikut. Lalu Iqbal, setelah dirayu-rayu, akhirnya dia mau, tetapi malam hari sebelum hari H, dia sakit dan tidak bisa ikut tour.
Teman lain yang tidak bisa ikut adalah Desti dan Slamet, alasan Desti adalah alasan yang sangat logis dan bisa diterima, dia sudah berangkat kerja pada tanggal 4 Mei, seminggu sebelum berangkat tour. Sementara alasannya Slamet, dia tidak mau ikut tour karena pada hari senin pagi dia akan apa melaksanakan test, entah test apa kami tidak tahu.

Berangkat Tour
Sekitar jam 6 kami berangkat dari lingkungan SMK N 1 Gombong. Perjalanan kami menuju kawasan wisata Kalibiru terlebih dahulu dilanjutkan ke kawasan Maliboro, Jogja. Berikut saya berikan beberapa foto saat kami tour. No photos = hoax, hehe

Suasana dalam Bus #1

Suasana dalam Bus #2
Suasana dalam Bus #3
Suasana dalam Bus #4

Waduk Sermo (daerah sebelum kalibiru)
Kalibiru #1
Kalibiru #2
Kalibiru #3
Kalibiru #4
Kalibiru #5
Kalibiru #6
Kalibiru #7

Kalibiru #8
Kalibiru #9

Kalibiru #10
Kalibiru #11
Malioboro #1
Malioboro #2
Malioboro #3
Suasana Pulang #1

Suasana Pulang #2

Suasana Pulang #3
Suasana Pulang #4
Suasana Pulang #5

Itulah beberapa foto yang sempat kami ambil saat Tour KOMJA 15 SMK N 1 GOMBONG 11 Mei 2014 kemarin. Beberapa foto lho ya, tidak semuanya, hehe

Terima Kasih kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan segenap pihak yang telah mendukung kami sehingga tour kemarin bisa berjalan lancar. Semoga tour yang kemarin kami lakukan bisa memberi manfaat bagi semua pihak, aamiin :)

Berikut nama dan foto koordinator kami:




hahay :D

Sekian, terima kasih sudah mau membaca postingan ini :)
Wassalamu'alaikum wr.wb

4 comments:

Leave your comment here! But, please don't create spam. Thanks :)

 
Toggle Footer